Thursday, August 14, 2014

Sambangi Balai Kota, diplomat dan menlu asing ini puji kecerdasan Jokowi

Mahkamah Konstitusi (MK) masih menyidangkan sengketa perhitungan hasil pemilihan umum (PHPU). Putusan baru akan dibacakan pada 21 Agustus mendatang. Meski begitu, aktivitas presiden terpilih berdasarkan penetapan KPU, Joko Widodo sudah menyiapkan pemerintahannya. Dari membentuk Kantor Transisi dan tim pendukungnya, hingga menyiapkan tim pemburu calon menteri yang akan mengisi kabinetnya untuk masa bakti 2014-2019.

Aktivitas Jokowi lainnya belakangan adalah menerima kedatangan sejumlah diplomat asing hingga menter luar negeri. Sebagian besar mereka menemui Jokowi di Balai Kota. Dari sekadar mengucapkan selamat atas kemenangan di pilpres lalu, hingga membicarakan rencana kerja sama bilateral.

Jokowi ketika dikonfirmasi mengenai adanya kunjungan saat jam kerjanya sebagai Gubernur DKI Jakarta enggan mengomentari. Sebab pintu kantornya selalu terbuka untuk siapa saja yang ingin bertemu dengan dirinya.

"Jangan bertanya ke saya kenapa banyak perwakilan negara lain datang kemari. Siapapun yang berkunjung, ya saya terima. Ada yang membicarakan masalah Jakarta ada yang membicarakan Indonesia. Semua saya terima," ungkapnya di Balai Kota DKI Jakarta, Rabu (13/8).

Berikut para dubes dan menteri luar negeri yang menemui Jokowi di Balai Kota setelah ditetapkan sebagai presiden terpilih.

1. Menlu Jepang Fumio Kishida
2. Dubes Korsel Cho Tai-Young
3. Menlu Korut Ri SuYong
4. Menlu Kanada Jhon Baird 

No comments:

Post a Comment